RAPAT KOORDINASI AKSI PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR TAHUN 2015

Jenis Artikel: 

Pada hari Kamis 7 Mei 2015 telah diselenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Aksi Penanggulangan Kemiskinan oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Kotawaringin Timur. Rakor dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Drs. H.M. Taufiq Mukri, SH, MM dan dihadiri oleh segenap anggota TKPKD Kabupaten Kotawaringin Timur dan SKPD/Camat/Instasi Vertikal/BUMD, yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur.

Tema rapat koordinasi aksi penanggulangan kemiskinan :

Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Intervensi Program Dan Kegiatan SKPD Serta Penguatan Peran Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Kotawaringin Timur"

Sementara itu, Wakil Bupati Kotawaringin Timur selaku Ketua TKPKD dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal penting yaitu akibat lambatnya penurunan penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur salah satunya terjadi karena banyaknya penduduk yang masuk dari luar kabupaten untuk mencari lapangan pekerjaan dan mereka umumnya bekerja di sektor tenaga kerja kasar atau buruh. Dalam peningkatkan pendapatan masyarakat yang berpenghasilan rendah perlu dilakukan peningkatan keterampilan, dan penyediaan seperti modal, infrastruktur dasar, dan fasilitas untuk mendukung perkembangan usaha mereka yang masih berskala mikro, dengan demikian mereka secara lambat laun akan dapat meningkatkan skala usahanya dan bermitra dengan pelaku usaha lainnya, sehingga mampu keluar dari garis kemiskinan. Selanjutnya Wakil Bupati Kotawaringin Timur berpesan kepada Camat untuk memperhatikan kondisi masyarakat diwilayahya, sehingga setiap program yang dibuat oleh SKPD agar dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak kecamatan dengan harapan program dimaksud tepat sasaran.

Setelah pengarahan dari Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Rakor di pimpin oleh Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur dan dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh :

  1. Paparan Kepala Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur Tentang Capaian dan tergat serta Upaya Pelanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Kotawaringin Timur
  2. Paparan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kotawaringin Timur Tentang Perkembangan data kemiskinan dan Garis Kemiskinan
  3. Paparan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur Tentang Jaminan Kesehatan
  4. Paparan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur Tentang Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Nelayan

Selanjutnya melalui stressing Wakil Bupati Kotawaringin Timur selaku Ketua TKPK pada acara penurupan Rapat Koordinasi Aksi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Kotawaringin Timur yang dibacakan dan ditutup secara resmi oleh Asisten III Setda Kabupaten Kotawaringin Timur. Sesuai target RPJMD sebesar 5 % di tahun 2015 tersebut tidaklah mudah, karena hal ini terkait dengan kondisi masyarakat kita yang sebagian besar tinggal di pedesaan, namun demikian kita terus berupaya untuk mengeluarkan mereka dari perangkap kemiskinan dengan melakukan upaya dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan sinergi dan antar SKPD dalam melaksanakan program dan kegiatan untuk menekan angka kemiskinan kabupaten kotawaringin timur sehingga tercapai sesuai target yaitu 5 % di tahun 2015.
  2. Meningkatkan akses rumah tangga miskin terhadap pelayanan dasar : pendidikan dan kesehatan.
  3. Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peningkatan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat di bidang pertanian, perikanan dan umkm.
  4. Peningkatan kualitas infrastruktur dan transportasi perdesaan agar memperlancar distribusi barang dari dan menuju desa sebagai penunjang peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.
  5. Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dipedesaan yaitu dengan meningkatkan status desa tertinggal menjadi desa maju dan desa unggulan, serta menggali potensi unggulan desa yang dapat dikembangkan dengan harapan dapat membuka lapangan pekerjaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
  6. Meningkatkan peran serta perusahaan besar swasta melalui program CSR yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat, seperti pemberdayaan masyarakat sekitar perkebunan besar swasta kelapa sawit.
  7. Kepada camat se Kabupaten Kotawaringin Timur supaya mendukung dan Bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik dalam rangka pemuktahiran data terpadu 2015 dalam penyenggaraan forum komunikasi publik yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei s.d 29 Juni dan Pendataan pada tanggal 14 Juni s.d 18 Juli 2015.