RAKOR PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR TAHUN 2013

Pada hari Senin 23 Agustus 2013 telah diselenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Kotawaringin Timur. Rakor dibuka secara resmi dan dipimpin oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Drs. H.M. Taufiq Mukri, SH, MM dan dihadiri oleh segenap anggota TKPKD Kabupaten Kotawaringin Timur dan SKPD/Camat/Instasi  Vertikal/BUMD, Fasilitator PNPM Perkotaan dan Perdesaan serta TKSK Kabupaten Kotawaringin Timur yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur.

Rakor Penanggulangan Kemiskinan diawali dengan penyampaian Laporan Penyelenggaraan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur, Drs. H. Burhanuddin, MM selaku Sekretaris TKPKD. Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur menyampaikan :

Tema rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan :

Percepatan penanggulangan kemiskinan melalui intervensi program dan kegiatan SKPD serta penguatan peran koordinasi TKPK Kabupaten Kotawaringin Timur

Tujuan rapat koordinasi ini adalah :

  1. evaluasi capaian prioritas penanggulangan kemiskinan RPJMD Kabupaten Kotawaringin Timur
  2. evaluasi capaian indikator-indikator kemiskinan dari berbagai bidang ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar.
  3. melakukan koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi berbagai program/kegiatan penanggulangan kemiskinan khususnya pada klaster I, II dan III
  4. penguatan kelembagaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Kotawaringin Timur.

Hasil yang diharapkan :

  1. diperolehnya sinergitas program dan kegiatan pada klaster I, II dan III dan program/program penanggulangan kemiskinan dalam pencapaian target RPJMD
  2. diperolehnya program yang menjadi unggulan daerah dalam penanggulangan kemiskinan

Sementara itu, Wakil Bupati Kotawaringin Timur selaku Ketua TKPKD dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui rapat koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan fokus program-program penanggulangan kemiskinan yang ditujukan kepada masyarakat miskin agar lebih efektiv dan effisien. Kebijakan penanggulangan kemiskinan merupakan gerakan bersama  tentunya tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah saja tetapi juga memerlukan keterlibatan semua  pihak selaku pemangku kepentingan, dukungan dan kerjasama ini perlu di tingkatkan dan digerakan bersama pemerintah, dunia usaha, perbankkan, lembaga swadaya masyakat dan masyarakat, serta kepada  semua camat diminta agar memperhatikan kondisi masyarakat diwilayahya, dan mempunyai data kemiskinan di wilayahnya, sehingga setiap program yang dibuat oleh SKPD agar dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak kecamatan dengan harapan program dimaksud tepat sasaran untuk mencapai target RPJMD sebesar 5 % pada tahun 2015.

Setelah pengarahan dari Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Rakor dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh :

Data Kemiskinan Kabupaten Kotawaringin Timur, disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Kotawaringin Timur, Militan, dalam paparannya menyampaikan perkembangan data kemiskinan Kabupaten Kotawaringin Timur bahwa setiap tahunnya mengalami tren positif, dengan angka penurunan kemiskinan pada tahun 2010 sebesar 8, 22 % atau 31.380 Jiwa dengan garis kemiskinan sebesar Rp. 246.925,-, pada tahun 2011 sebesar 7,43 % atau 28.380 Jiwa dengan garis kemiskinan sebesar Rp. 261.807,- dan pada tahun 2012 sebesar 6,91 % atau 26.800 Jiwa dengan garis kemiskinan sebesar Rp. 277.586,-. Angka kemiskinan Kabupaten Kotawaringin Timur pada tahun 2012 mengalami penurunan namun masih lebih tinggi dari angka kemiskinan Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 6,19 %, namun demikian menurut pendapat Kepala BPS bahwa target kemiskinan Kabupaten Kotawaringin Timur akan tercapai dengan mengendalikan Inflasi, dimana pada tahun 2012 angka inflasi komulatif sebesar 4,69 %.

Paparan tentang evaluasi capaian prioritas penanggulangan kemiskinan Kabupaten Kotawaringin Timur, disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur, yang dalam paparannya menyampaikan bahwa realisasi RPJMD sampai dengan tahun 2012 tercapai, dan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kotawaringin Timur perlu setiap SKPD teknis untuk fokus dan tepat sasaran pada program/kegiatan penanggulangan kemiskinan.