RAKOR PEMUTAKHIRAN BASIS DATA TERPADU (PBDT) 2015

Jenis Artikel: 

Rakor PBDT 2015 diawali oleh Laporan Kepala BPS yang dalam hal ini disampaikan oleh HERY, B.ST Kepala BPS Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam laporannya, Kepala BPS Kabupaten Kotawaringin Timur menyampaikan beberapa hal yang penting yaitu : PBDT 2015 adalah kegiatan nasional untuk melakukan perbaikan terhadap data karakteristik rumah tangga BDT yang kondisinya dianggap sudah mengalami perubahan karena dikumpulkan pada tahun 2011. Kegiatan PBDT 2015 merupakan amanat Instruksi Presiden RI nomor 7 tahun 2014.

Sementara itu, Wakil Bupati Kotawaringin Timur selaku Ketua TKPKD dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pada kurun waktu 2010–2013 angka kemiskinan di Kabupaten Kotawaringin Timur telah mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni dari 8,37% menjadi 6,85%. Secara absolut jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur telah berkurang dari 31.369 jiwa menjadi 28.000 jiwa. Dalam rangka mengimplementasikan berbagai program penanggulangan kemiskinan, informasi mengenai siapa yang miskin, bagaimana karakteristiknya, dan dimana mereka berada (nama dan alamat) menjadi sangat penting. Sebab, melalui ketersediaan informasi tersebut, program penanggulangan kemikisnan diharapkan akan tepat sasaran. Melalui Inpres Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar Dan Program Indonesia Sehat Untuk Membangun Keluarga Produktif, BPS kembali ditugaskan Presiden untuk melaksanakan Pemuktahiran Basis Data Terpadu. Kegiatan pemutakhiran pada tahun 2015 ini, disebut dengan kegiatan Pemuktahiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015. Pada kegiatan pbdt 2015 akan dimutakhirkan sebanyak lebih kurang 28 juta RTS di seluruh indonesia terdiri dari 25,2 juta RTS hasil PPLS 2011 dan 2,8 juta rumah tangga program sosial hasil musyawarah kelurahan/ desa (muskel/ musdes) dari seluruh Indonesia yang terlaporkan ke TNP2K. Di Kabupaten Kotawaringin Timur akan dimutakhirkan lebih kurang sebanyak 32.199 RTS. Puncak kegiatan PBDT 2015 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni – 15 Juli 2015 dengan kegiatan pendataan dari rumah ke rumah (door to door) yang melibatkan 295 orang petugas pendata. Ada dua kegiatan PBDT 2015 ini, yaitu Forum Konsultasi Publik (FKP) Dan Pendataan Rumah Tangga. FKP merupakan forum musyawarah desa/ kelurahan (musdel/ muskel) yang dihadiri kepala desa/lurah, ketua RW/kepala dusun, tokoh masyarakat (tomas), tokoh agama (toga), dan lain-lain.  Jalannya forum ini akan dipandu oleh fasilitator dan asisten fasilitator yang sudah dilatih secara khusus oleh BPS. Melalui forum ini akan dihasilkan kandidat rumah tangga yang  akan dimasukkan dalam basis data terpadu. Pelibatan aparat desa/kelurahan dan masyarakat dari awal merupakan upaya untuk memperoleh data RTS yang lebih akurat dan kredibel. Data hasil dari FKP ini selanjutnya dilakukan pendataan dari rumah ke rumah (door to door) oleh petugas yang sudah dilatih secara khusus oleh BPS.

Setelah pengarahan dari Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Selanjutnya Rakor Dipimpin oleh Kepala Bappeda yang dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh :

  1. Paparan Penjelasan Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015 oleh Kepala BPS Kabupaten Kotawaringin Timur : HERY, B.ST.
  2. Paparan tentang Pemanfaatan Basis Data Terpadu untuk Perencanaan Pembangunan Daerah Di Kabupaten Kotawaringin Timur disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur : Drs. H. BURHANUDDIN, M.M
  3. Paparan tentang Pemanfaatan Basis Data Terpadu dalam Program Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Kotawaringin Timur disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur: Ir. BIMA EKAWARDHANA

Selanjutnya melalui stressing Wakil Bupati Kotawaringin Timur selaku Ketua TKPK pada acara penurupan Rapat Koordinasi PBDT 2015 Kabupaten Kotawaringin Timur yang dibacakan dan ditutup secara resmi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur, beberapa hal penting yang disampaikan yaitu sebagai berikut :

KEPADA CAMAT SESUAI DENGAN SURAT DARI DEPUTI SEKRETARIS WAKIL PRESIDEN BIDANG KESRA DAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN/ SEKRETARIS EKSEKUTIF TNP2K PERIHAL INFORMASI TEKNIS PELAKSANAAN PBDT TAHUN 2015 YANG MENGACU PADA SURAT EDARAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR  460/2254/SJ TANGGAL 5 MEI 2015 TENTANG PBDT PPLS 2015 SAYA MENGINTRUKSIKAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. MELAKUKAN KOORDINASI DENGAN KEPALA DESA/LURAH DALAM MENYUKSESKAN PELAKSANAAN PBDT.
  2. MELAKUKAN KOORDINASI DENGAN KOORDINATOR STATISTIK KECAMATAN (KSK) BPS UNTUK MEMASTIKAN PROSES PELAKSANAAN FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP) DAN PEMUTAKHIRAN INFORMASI RUMAH TANGGA DI WILAYAHNYA SEHINGGA BERJALAN SESUAI DENGAN RENCANA.
  3. MENANDATANGANI BERITA ACARA PENGESAHAN REKAPITULASI (MANUAL) HASIL SEMENTARA FKP. BERITA ACARA DITANDATANGANI BERSAMA KEPALA BPS KABUPATEN/KOTA DAN CAMAT MEWAKILI BUPATI
  4. MELAPORKAN HASIL REKAPITULASI PADA BUTIR (3) KEPADA BUPATI MELALUI KETUA TKPK KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR YANG SEKRETARIATNYA DI BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT BAPPEDA KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

SELANJUTNYA KEPADA KEPALA DESA/LURAH MELALUI CAMAT SAYA MENGINTRUKSIKAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. MEMFASILITASI PELAKSANAAN FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP) DI WILAYAH MASING-MASING.
  2. MELAKUKAN KOORDINASI DENGAN KETUA RW, KETUA RT, DAN KEPALA DUSUN SETEMPAT UNTUK MENYUKSESKAN PELAKSANAAN PBDT 2015.
  3. BEKERJASAMA DENGAN PENDAMPING DAN KSK UNTUK MENDUKUNG KELANCARAN PELAKSANAAN FKP DI WILAYAH MASING-MASING.
  4. MEMBENTUK DAN ATAU MENGAKTIFKAN KEMBALI POS PENGADUAN MASYARAKAT (POSDUMAS) SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PELAYANAN BERKELANJUTAN.
  5. MENSOSIALISASIKAN PELAKSANAAN FKP KEPADA JAJARAN PEMERINTAHAN DI BAWAHNYA (RW/RT/DUSUN DAN JENJANG SEJENISNYA)
  6. MELAKUKAN PENDAMPINGAN DAN PENGAWASAN PELAKSANAAN FKP DENGAN MELIBATKAN TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA SETEMPAT.
  7. MEMASTIKAN SELURUH RUMAH TANGGA MISKIN DAN TIDAK MAMPU DI WILAYAH MASING-MASING TELAH TERCATAT DALAM HASIL FKP.
  8. MENANDATANGANI BERITA ACARA PELAKSANAAN FORUM KONSULTASI PUBLIK

KEPADA KEPALA BPS KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR SAYA MINTA UNTUK TETAP MENJALIN KOORDINASI DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR KHUSUSNYA KOORDINASI DENGAN TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH (TKPKD) KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR SEHINGGA PELAKSANAAN PBDT 2015 DAPAT BERJALAN SUKSES DAN MENGHASILKAN BASIS DATA TERPADU YANG AKURAT SERTA DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN UNTUK KEPERLUAN PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR.