Evaluasi dan Monev Quick Wins MP3KI

Jenis Artikel: 

Lokasi kegiatan PNPM-Madiri Perdesaan Pola Khusus Percepatan MP3KI ada 4 (empat) Kecamatan yang berlokasi di 16 (Enam Belas) Desa yaitu Kecamatan Bukit Santuai (Desa Lunuk Bagantung, Desa Tumbang Batu, Desa Tumbang Tawan dan Desa Tumbang Kania), Kecamatan Pulau Hanaut (Desa Babaung, Desa Hanaut, Desa Satiruk dan Desa Bantian), Kecamatan Teluk Sampit (Desa Ujung Pandaran, Desa Lempuyang, Desa Basawang dan Desa Parebok), Kecamatan Seranau (Desa Ganepo, Desa Seragam Jaya, Desa Batuah dan Desa Terantang). Dengan Kegiatan Pembangunan Infrastruktur di Desa (Jalan dan Jembatan) Dan alokasi / Pagu Dana PNPM-MPd Pola Khusus Percepatan MP3KI Tahun Anggaran 2014 Kabupaten Kotawaringin Timur Sesuai Surat Menteri PPN/Kepala Bappenas adalah sebesar Rp. 13.778.000.000;-  karena ada kebijakan pemotongan Dana BLM dari Pemerintah Pusat Sesuai Surat Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kementerian Dalam Negeri RI sebesar 11,8 % (Rp.1.625.804.000,-), maka alokasi / Pagu Dana PNPM-MPd Pola Khusus Percepatan MP3KI Tahun Anggaran 2014 Kabupaten Kotawaringin Timur  menjadi Rp. 12.152.196.000,-.Pada Tanggal 6 Mei 2014 TKPK (Bappeda) melaksanakan Rapat Koordinasi Monev Awal Yang Dihadiri BPMPD, Dinas Pekerjaan Umum, PNPM MP (FK Kabupaten, FT, FK Kecamatan) dan Camat dengan hasil kesepakatan revisi anggaran dana pendampingan.Pada tanggal 06 agustus 2014 TKPK (Bappeda) melaksanakan Rapat Koordinasi yang dihadiri BPMPD, PNPM MP (FK kabupaten, FT, FK kecamatan) dan camat dengan hasil sebagai berikut :

  1. Dengan adanya pemotongan/pengurangan blm apbn 11,8 % pihak fasilitator pnpm-mp dan kecamatan secepatnya dalam memutuskan kesepakatan di musyawarah antar desa di kecamatan masing-masing wilayah lokasi MP3KI dan segera dilaporkan ke BPMD dan Bappeda.
  2. Rencana pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan RAB awal disesuaikan dengan dana setelah adanya pemotongan dan segera di sosialisasikan dan dimusyawarahkan dengan kepala desa dan masyarakat lokasi Quick Wins serta usulan yang tidak terakomodir tersebut dilaporkan ke TKPK.

Pada tanggal 18 September 2014 Bertempat di Aula Bappeda, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi, Evaluasi dan Monitoring Pelaksanaan Program Quick Wins MP3KI yang di buka oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur Selaku Ketua TKPK yang dalam sambutannya mengharapkan kepada semua yang terlibat dalam program ini agar meningkatkan koordinasi sehingga kegiatan pembangunan sesuai dengan hasil Musyarawah Antar Desa dapat terlaksana tepat pada waktunya dan sesuai perencanaan. Pada kegiatan tersebut dihadiri dari Bappeda Provinsi Kalimanatan Tengah, Bappeda Kabupaten, BPMPD Kabupaten, Camat dan Kepala Desa Lokasi Quick Wins MP3KI, PNPM MPd (FK, FT).